Pantai Karang Bolong Anyer, Si Panorama Indah Beraroma Laut


Ini perutku mana perut mu
24 Agustus 2011 (Hari ke - 7 )
Pada sore hari ini kamipun pelesiran ke arah pantai karang bolong, di pandu oleh istri acek dan om maska, hanya butuh waktu 20 menit perjalana dengan menyusuri pesisir pantai, mobil om Anto  padat dengan penumpang yang penasaran dengan pantai yang satu ini.

Pantai Karang Bolong yang terletak 50 Km dari kota Serang atau 140 Km dari kota Jakarta, sekitar 11 km kearah selatan anyer atau sekitar 30 km utara labuan. Mengapa hingga dinamakan karang bolong setelah aku berada di pantai ini aku tahu dengan sendirinya mengapa pantai ini dinamakan demikian. Pantai ini merupakan kawasan rekreasi pantai dimana terdapat sebuah karang besar yang tengahnya berlubang secara alamiah dengan membentuk lengkungan. salah satu ujung karangnya berada di pantai sedangkan yang lainnya menghadap ke laut lepas,. Kemungkinan besar Karang Bolong ini terjadi karena akibat letusan gunung Krakatau pada tahun 1883 ataupun akibat dari abrasi air laut. Di bagian puncaknya terdapat kupel peninjauan dan hutan ini sebagai tempat beristirahat sambil menikmati pemandangan laut lepas.

Bagian bawah yang menjorok ke laut di ambil dari puncak karang bolong
Dengan ticket seharga 5 ribu perorang yang dikenakakan kepada setiap pengunjung, karena kami membawa rombongan yang cukup banyak akhirnya kamipun melakukan nego untuk penguruang harga. Pantai Karang bolong merupakan pantai landai berpasir dan batu kecil yang cukup luas,  dibatasi oleh perbukitan yang tersusun oleh batuan endapan klastik asal gunung api. Pasir berwarna kelabu yang berukuran halus dan kasar berasal dari batuan tersebut yang terkikis ombak.

Ombak yang terus membentur dinding pebukitan mengikis perbukitan di kawasan ini yang memang rentang dengan abrasi, sehingga kikisan ombak membentuk bentukan abrasi yang unik, tidak heran kalau di pantai ini banyak terlihat karya alam pada karang-karang yang menjadi objek tersendiri bagi pengunjung di sini.


Gua Karang bolong di kawasan pantai ini juga menjadi objek menarik tersendiri yang terletak di sisi timur pantai, dengan ukuran panjang 30 meter dengan ketinggian 5 meter dan lebar 10 yang konon kata penduduk setempat merupakan tempat kediaman mahluk astral yang bisa di pangil dengan wiridan.

Kakak di areal gua karang bolong
Ada juga akar pohon yang sudah menjalar kemana-mana menutup sebagian karang, menjadikan tempat tersebut tempat berfoto yang artistik dengan kesan mistis. Masyarakat lokal juga terlihart membuat kerajinan dari kerang yang hasil jadinya juga di jajakan kepada pengunjung di pantai karang bolong ini, saya pun sempat membeli cermin yang berhiaskan kerang dan juga hiasan dinding yang berisi kulit biota laut.

Yang lagi menunggu di bawah
Akar pohonya keren..... ada kesan mistisnya gitu
Para pembuat kerajinan kerang di sekitar pantai karang bolong
Pemandangan laut dari atas karang memukau dan sangat menawan. Kedamaian akan sekali terasa ketika berada di atas karang. Belum lagi sepoi-sepoi angin laut yang tak henti menerpa wajah dan rambut sangat menghadirkan kesejukan. para pengunjung dapat leluasa dengan segi keamanan yang diterapkan oleh pengelola pantai ini. untuk pengunjung yang ingin bermalam pun tidak usah khawatir, karena sudah tersedia penginapan. Banyak penduduk yang menawarkan berbagai jenis makanan. jadi pengunjung tidak perlu ketakutan dengan masalah makanan.

Anak-anak akhirnya bermain lagi dengan pasir pantai dan deburan ombak, tapi biarlah karena besok aroma pantai ini sudah tidak bisa tercium lagi, menjelang senja kamipun kembali ke pandawaan dengan segurat cerita mengenai karang bolong.

Siluet.... ambil foto tepat di bawah bolongan karangnya




Pantai Karang Bolong, Anyer, 0211, Dodi NP

You Might Also Read

0 comment

Like us

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Top Categories Dhinisa Journey