Gumuk Pasir, Yang Hanya Ada 2 Di Dunia


"Nggak usah ke kasongan mas, sudah kesorean" jawabku ke mas Wahyu saat dia bertanya. karena kasongan juga sudah di coret dari itenerary kami.
"langsung ke gumuk pasir saja" kataku lagi
"Ok mas" jawab mas Wahyu

Mas Wahyu langsung mengarakan kendaaraan ke arah wisata pantai parangtritis, anak-anak dan bunda sudah pada tertidur karena kelelahan, jalan yang cukup lengan tanpa kemacetan yang berarti , kurang lebih 25 menit setelah kendaraan melaju kami pun sampai di gerbang pembelian tiket wisata ke kawasan pantai parangtritis & pantai depok dengan membeli 2 ticket seharga 20 ribu maka kamipun melanjutkan perjalanan lagi ke arah pantai parang tritis, tidak sampai 5 menit kemudia kami pun sudah berada di kawasan gumuk pasir, gunungan pasir yang menggunung terlihat di mana-mana dan beberapa orang ada yang mencoba bermain sandboarding/Ski pasir yang di bandrol 70 ribu Rupiah untuk sewa papan sandboarding sepuasnya.

mendaki ke puncak
Anak-anak yang sudah bangun saat melihat gunungan pasir ini langsung, saja berlari mendaki gunungan pasir tersebut, ternyata tidak mudah untuk mendaki pasir tersebut di tambah lagi dengan angin yang lumayan kencang yang bercampur dengan pasir-pasir yang kecil. Saat di puncak bisa terlihat pantai parang tritis yang tidak terlalu jauh dari gumuk pasir ini, ada juga beberapa jeep yang nangkring di puncak gumuk yang menawarkan paket tour parang tritis kepada pengunjung. 


Gumuk Pasir Parangtritis adalah sebuah fenomena alam langka dan satu-satunya yang ada di Asia Tenggara. Gumuk pasir ini berupa bukit-bukit atau gundukan pasir seperti padang gurun yang terdapat di Timur Tengah. Pasir-pasir ini merupakan hasil aktivitas vulkanik Gunung Merapi dan Merbabu yang terbawa oleh arus Kali Opak dan Kali Progo. Pada awalnya, masyarakat sekitar tidak melihat suatu hal yang unik dari tempat ini.

Namun setelah diadakan berbagai penelitian, barulah mereka sadar bahwa mereka tinggal di salah satu warisan dunia. Bahkan gumuk pasir dengan karakteristik yang sama seperti di pantai selatan Jogja ini hanya bisa dijumpai di sini, dan di Meksiko, terutama yang bentuk sabit (barchan). Barchan merupakan gunungan pasir yang berbentuk melengkung mirip bulan sabit. Fenomena alam hasil bentukan arus angin laut pembawa material pasir halus ini menjadi ciri khas gumuk pasir Parangtritis.

Adek & Kakak yang senang sekali bermain di pasir sampai berguling-guling, berlari kesana dan kemari, begitu juga ayuk dan bunda yang sudah ada di puncak menikmati angin yang bertiup kencang yang bercampur dengan pasir.

Maha Suci Allah yang menciptakan segala sesuatu dengan kehendaknya, sesuatu yang unik yang hanya ada 2 di dunia, semoga ini menjadikan kita sebagai umat yang bersyukur.


You Might Also Read

0 comment

Like us

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Top Categories Dhinisa Journey