Masjid Rotowijayan & Sate Kambing & Ayam Pak Jogo

Masjid Rotowijayan di kawasan kraton Foto : Google
Sayapun melangkahkan kaki menuju masjid rotowijayan untuk melaksanakan sholat jumat, banyak para abdi dalem kraton yang juga melaksanakan sholat jumat di sini, masjid dengan arsitektur khas jawa yang masih terjaga, akupun mengambil posisi di teras masjid, semilir angin membuat mataku menjadi sayu.

Masjid rotowijayan Berdiri pada tahun 1790 M, masjid ini terletak di Jalan Rotowijayan. Masjid ini Berbeda dengan Masjid Gedhe Mataram Kotagede, Masjid Suronatan (Rotowijayan) memiliki bangunan yang jauh lebih kecil, seperti mushola. Letaknya di depan pintu gerbang masuk Kamandungan Lor (Keben) Keraton Yogyakarta sedikit serong ke selatan. Awalnya masjid ini dulunya dihuni oleh Abdi Dalem Suranata. Yakni Abdi dalem yang berasal dari golongan santri yang merangkap menjadi prajurit keraton. Hingga saat ini Masjid Suronatan ini masih aktif digunakan untuk keperluan ibadah salat lima waktu. Terlebih letaknya yang berada di dekat wisata Keraton Yogyakarta membuat masjid ini selalu dipenuhi ole pengunjung pada jam-jam salat. Selain diperuntukkan bagi pengunjung wisata museum Keraton Yogyakarta, sehari-harinya masjid ini juga aktif digunakan oleh masyarakat dari warga RW 11 sampai dengan RW 15 Kelurahan Kadipaten. Oleh warga sekitar, masjid ini disebut juga dengan Masjid Keben karena letaknya berada di dekat pohon Keben. Salah satu ciri khas yang menunjukkan hubungan dekat antara masjid ini dengan Keraton Yogyakarta adalah pada papan namanya. Papan nama masjid ini selain ditulis menggunakan Bahasa Indonesia, juga dituliskan menggunakan huruf Jawa.


Setelah selesai jumatan , akupun kembali kebagian dalam keraton untuk gantian dengan bunda dan anak-anak untuk sholat di masjid ini, setelah selesai semua maka kamipun langsung ke parkiran menemui mas Wahyu.

"Mas kita kewijilan saja, kita makan siang sate klatak & kambing muda pak tong "kata ku yang mengikuti itenerary yang ku buat.
"ok mas"jawab mas Wahyu

Kami pun meluncur keluar arah parkiran menuju ke jalan wijilan yang hanya berjarak 600 meter, tetapi sesampai di sana
"Tutup mas" kata mas wahyu
"Kita ke arah RSUD saja mas, enak juga sate klataknya " kata mas Wahyu lagi
"Jadi mas" jawabku

Tetapi sekali lagi kami kurang beruntung ternyata sate klatak di dekat RSUD juga tutup, mungkin salah satunya akan diadakannya "tirakatan" malam nanti untuk menyambut HUT RI yang ke 74. kamipun melajutkan perjalanan kami menuju kota gede,

"Terserah mas, mau makan di mana "kataku pasrah
"Iya mas, nanti sebentar lagi ada juga sate klatak"kata mas Wahyu nya

Salah satu menu yang ada di warung sate kambing & ayam Pak Jogo
Akhirnya kamipun sampai di kawasan kota Bantul, dan memasuki warung sate yang bertuliskan Sate Kambing & Ayam Pak Jogo,  kamipun langsung turun memesan sate klatak, tongsen, gule, nasi putih dan minuman segar. Lumayan nikmat juga rasanya, mas Wahyu pun yang ikut menikmati makan bersama kami, adek yang tadinya rewel karena tidurnya yang kurang nyenyak juga ikut makan walaupun di iringi oleh rengekannya.

Rasa sate ayam dan bumbu kacangnya nya lumayan nikmat wajar jika ayuk makan dengan tidak lihat kiri kanan lagi mungkin sudah terbius dengan kenikmatan sate ayam tersebut.

Saat datang tongseng juga memiliki tekstur daging yang empuk dan kuah yang juga nikmat, perbaduan antara nasi dan kuah tongseng tersebut menambah gairah untuk bersantap hari ini. 

Sate kambing  yang di padu dengan kecap dengan daging yang lumayan empuk, juga saat sate klatak yang muncul membuat anak-anak sempat bingung karena kuahnya hanya di mangkok kecil, tetapi setelah mas Wahyu menjelaskan barulah mereka mengerti, mereka pun menghabiskan sate klatak dari daging kambing tersebut.

Kakak sempat memesan soda gembira bersama adik, soda gembira ini adalah perpaduan antara krim kental manis dan minuman fanta yang di aduk jadi satu hingga berwarna pink, karena di aduk terus membuat minuman tersebut mengeluarkan busa (foam) yang menurut kakak enak.

Secara keseluruhan makan di sini oke, enak dari rasa, pelayanan yang ramah dan juga harga yang tidak terlalu mahal, warung sate kambing & ayam pak Jogo ini terletak di JL. Plumbon, Modalan, Kecamatan Banguntapan, Bantul. Yogyakarta.

Selanjutnya tujuan kita selanjutnya adalah menuju kearah kota gede di Jl. Veteran yaitu ke situs warung boto yang hanya 10 menit dari warung sate ini.


You Might Also Read

0 comment

Like us

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Top Categories Dhinisa Journey