Cara Pemesanan Ticket Kereta Api Lokal Via KAI Access


Berkaca dari pengalaman bulan kemarin saat mau ke Stasiun Purwosari dari stasiun tugu menggunakan Parameks 250 pukul 05:30, sedangkan anak dan istri menggunakan kereta Parameks 252 pada pukul 07: 12.


Ini terjadi saat melakukan bookin KA Lokal menggunakan KAI Access hanya bisa untuk 4 orang sedangkan kami yang berangkat orang 5.

-----------------------------------------------------------------------------------------

Bagai mana cara untuk booking kereta api lokal via KAI Access??

Untuk pertama kali sebelum melakukan pemesanan ticket secara online tersebut kita harus memiliki aplikasi KAI Access & LinkAja, jika belum ada maka kita bisa mendownload di Google Play Store bagi pengguna android atau App Store bagi pengguna iOS (iPhone).

Adapun ticket kereta api lokal yang bisa di beli melalui aplikasi KAI Access hanya ticket kereta api yang bisa di pesan H-7 atau H-30 dari hari keberangkatan, dan untuk pemesanan di hari pemberangkatan tidak bisa di lakukan pemesanan ticket kereta api secara online tetapi di lakukan pembelian ticket secara langsung di stasiun keberangkatan (Lihat Daftar).

Seperti kereta api Batara Kresna rute Purwosari - Wonogiri atau KA Lokal Merak rute Merak Rangkas bitung itu tidak bisa menggunakan aplikasi KAI Access tetapi harus membeli ticket langsung di stasiun pemberangkatan.

Setelah selesai download aplikasi KAI Access & LinkAja maka lakukan lah terlebih dahulu registrasi di kedua applikasi tersebut sesuai dengan ketentuan, jika sudah selesai lakukanlah pemesanan ticket kereta api, dengan cara sebagai berikut :

  1. Pilih Local Train
  2. Pilih Tanggal Keberangkatan
  3. Lakukan Konfirmasi Pemesanan
  4. Lakukan Pengisian Data Penumpang
  5. Dan Pembayaran


Setelah di lakukannya konfirmasi pembayaran maka kita tinggal melakukan pembayaran saja atas ticket kereta api lokal yang kita sudah pesan., dan untuk pembayaran sendiri hanya bisa menggunakan aplikasi LinkAja tidak bisa menggunakan metode lain seperti kereta api jarak jauh.




Sebelum melakukan pembayaran, jika di aplikasi  LinkAja masih belum ada saldonya maka lakukanlah, top up terlebih dahulu yang  bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu :

  1. Melalui Transfer bank
  2. Melalui Mitra Toko Retail seperti Alfamart, Alfamidi, Dan+Dan, Circle K, FamilyMart, Indomaret, Kantor POS, Mitra LinkAja dan Suzuya.
  3. Melalui GraPari Telkomsel



Setelah melakukan pembayaran maka akan keluar QR E-Boarding yang akan di scan saat melakukan boarding di stasiun keberangkatan, dan saat di lakukan scan QR Codenya maka lengkapi juga dengan dengan tanda pengenal diri anda/ KTP.




Tips Pemesanan Ticket Lokal Menggunakan KAI Access Ala Dhinisa Journey:

  • Untuk KA Lokal sendiri harus di pesan H-7 dari Keberangkatan jadi lakukan pemesanan sesegera mungkin.
  • Dalam satu akun atau hp hanya bisa di lakukan pemesanan sebanyak 4 orang saja termasuk pemilik akun, dan akun KAI Access tersebut tidak bisa melakukan pembelian untuk  kereta yang sama berkali-kali. Jadi jika berangkat lebih dari 4 orang agar memiliki akun KAI Access lebih dari 1 akun. 
  • Untuk kereta lokal sendiri ada yang menggunakan nomor tempat duduk  seperti  KA Kalijaga 409 dengan tarif 10 ribu Rupiah denga rute Solo Balapan - Semarang Poncol saat selesai pembayaran QR Code nya di sertai dengan nomor gerobong dan nomor kursi.
  • Sedangkan untuk kereta seperti Parameks, Bartara Kresna, Lokal Merak itu tidak menggunakan nomor kursi sehingga bebas mau duduk di mana.
  • Siapkan tanda pengenal saat akan melakukan pemberangkatan, untuk keluarga yang melakukan keberangkatan lebih baik bawa Copy KK (Kartu Keluarga).

You Might Also Read

0 comment

Like us

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Top Categories Dhinisa Journey