Pemesanan Ticket Kereta Api Secara Rombongan, Ketahui Ketentuannya.

Benar pepatah mengatakan bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik, seperti hari ini bertambah lagi ilmu baru dalam dunia traveling, transportasi merupakan salah satu komponen penting dalam perjalanan wisata bisa bermasalah jika tidak di persiapkan sebagai mana mestinya. Kalau perjalanan hanya satu dua orang si gampang mengaturnya, tetapi bagaimana jika perjalanan tersebut sampai 20 atau 30 orang.

Karena adanya rencana liburan bersama keluarga besar pada liburan sekolah nanti ke Lampung maka segala persiapan di prepare dari sekarang, setelah hotel yang sudah bisa di booking, kini giliran transporasi yang harus di persiapkan, rencananya perjalanan rombongan kami kali ini tetap menggunakan kereta api PSO (Public Service Obligation) atau lebih di kenal dengan kereta api ekonomi karena murah, meriah dan nyaman, pada awalnya mendapatkan saran dari keluarga untuk mendatangi kantor KAI Divre III di jalan A Yani untuk melakukan pemesanan secara rombongan.

Dengan bermodal surat dengan format resmi yang berisi daftar nama penumpang, nama kereta dan jadwal kereta yang bakal di pesan, routenya dan di lengkapi dengan KTP & KK sebagai dokumen pendukung atas nama penumpang tercantum di dalam surat, akupun meluncur ke kantor KAI Divre III yang tepat di seberang Universitas Muhammadiyah Palembang, setelah bertemu dengan salah satu staff di ruangan bagian angkutan penumpang di jelaskan bahwa :

Kalau untuk angkutan rombongan kereta api ini tidak bisa di lakukan oleh pribadi, tetapi oleh institusi misal untuk tiket PSO /KA non komersial (KA Selero & Rajabasa) angkutan rombongan bisa di peruntukan untuk siswa/santri setingkat SLTA kebawah dengan tidak mendapatkan diskon, berbeda dengan pengajuan angkutan rombongan dengan KA komersial (KA Sindang Marga & Sriwijaya) akan mendapatkan diskon maksimal 10% (kelas binis dan exsecutive). Untuk pemesanan sendiri bisa di lakukan 3 bulan sebelum keberangkatan.


Petugas itupun menjelaskan kalau untuk pembayaran yang tertera di brosur adalah DP 25 % dari total nilai harga pesanan yang bisa di bayar via bank BRI, tetapi lebih baik kita langsung bayar lunas karena mereka melakukan booking atas ticket kereta api tersebut tidak lama.

Akhirnya Akupun di arahkan oleh petugas untuk membeli via agent resmi PT. KAI (plus biaya adm)  atau alternatif lain yaitu menggunakan aplikasi KAI Access secara online yang bisa melakukan pemesanan 1 bulan dari tanggal keberangkatan.

Hari ini seluruh urusan ticket selesai bermodal aplikasi KAI Acces dan aplikasi bank online membuatku tidak bergerak dari tempat duduk lagi. Next tinggal pemesanan sarana angkutan selama di Lampung dan sarana wisata yang masih belum di selesaikan, mungkin pake aplikasi berwarna biru bisa mengatasi masalahnya, semoga trip bersama keluarga besar ini tidak menemui kendala.

You Might Also Read

0 comment

Like us

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Top Categories Dhinisa Journey