H 4 : Melangkah Menuju Berkah Haul Immain Tahun 2020

Me and Om Usman
Azan subuh sudah berkumandang, tetapi ku lihat di jam tanganku baru pukul 3 dini hari, entah jam berapa aku tidur semalam jam 1 atau jam 2 karena sibuk berkelakar dengan jemaah lain, bersenda gurau dan bercanda membuat kami sampai lupa waktu. Akupun semalam tidak menghadiri acara khotama Al-Quran karena badan terasa penat sekali, hanya berguling-guling saja kerjaku selepas sholat isya.

Sebagian dari jemaah sudah pada bangun dan mandi biar menghindari antrian dengan jemaah yang lain, maklum seluruh yang ada di penginapan ini saja lebih dari 120 orang, mendekati pukul setengah 5 azan subuh pun berkumandang sekali lagi, kamipun sudah bersiap untuk kemasjid yang tidak terlalu jauh letaknya dari penginapan, para jemaah banyak yang kemasjid tetapi ada juga yang langsung ke tempat haul karena biar bisa dapat tempat di depan.

Karna berdasarkan jadwal jamaah bakal mengikuti pembacaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Aula Ponpes Darul Hadits Al-Faqihiyyah Kota Malang pada pukul 05.00 WIB. Sedangkan pukul 08.00 WIB, akan dimulai acara Haul Akbar di sepanjang Jalan Aris Munandar Malang Jawa Timur.


Sebelum pukul 7 kami membawa barang kami kembali sambil berjalan menyelusuri jalan menuju tempat parkiran bus kami  di komplek perkantoran kota Malang, jalanan tampak ramai dengan para peserta haul yang berdatangan dari seluruh penjuru negeri, di perkirakan mungkin mencapai ratusan ribu

Setibanya di lokasi parkiran kami pun langsung menyimpan barang-barang kami, karena setelah acara haul ini kamipun akan langsung berangkat menuju tempat tujuan berikutnya, setelah selesai dengan segala urusan barang kamipun langsung menuju ke lokasi haul, tampak sudah banyak hadir para jamaah yang kemarin masih tersebar di seluruh penjuru kota Malang, hari ini berkumpul menjadi satu di acara haul ini.

Bersama Habib Ahmad
Om Abu berpose di depan tenda acara, sayang si azam keselip
Hari ini adalah peringatan Haul Akbar teruntuk Maha Guru Al-Ustadzul Imam Al-Habr Al-Qutb Al-Habib Abdul Qodir bin Ahmad Bilfaqih Al-Alawy yang ke-59 dan Maha Guru Al-Ustadzul Imam Al-Hafidz Al-Musnid Al-Qutb Prof Dr Al-Habib Abdullah bin Abdul Qodir Bilfaqih Al-Alawy yang ke-29. Serta milad pondok pesantren Darul Hadist Alfaqihiyah Malang yang ke 75 tahun. Akupun yang baru pertama kali menghadiri acara haul ini pun ikut kagum dengan acara yang seramai ini.

Pada saat kami memasuki tenda kamupun di beri makanan dan juga air minum botolan, yang sudah di siapkan oleh pantia, begitu juga roti-roti banyak yang membagikan di acara haul ini, karena banyaknya jamaah kamipun hanya kebagian tempat di ujung tenda tepat di depan ramayan yang masih membuka tokonya walaupun bercampur dengan jamaah haul.



Bagi para jamaah yang tidak kebagian di tenda harus rela berpanas-panasan ataupun mencari tempat teduh di seputaran alun-alun kota Malang yang juga sudah penuh dengan lautan manusia.

Tidak heran kalu para guru dan mualim yang merupakan alumni darul hadist Malang, akan berusaha menyukseskan acara haul yang mulia ini, karena hal ini merupakan acara sakral yang hanya di adakan satu tahun sekali di kota Malang, termasuk ustad Jamal yang menjadi ketua rombongan kami merupakan alumni dari pondok pesantern ini.

Banyak lagi yang guru dan mualim yang berasal dari Palembang yang juga membawa jemaahnya untuk sekedar menghadiri haul guru mulia pada tahun ini, selain sebagai ajang silaturahim dan berkumpul di sini kita juga bisa mendapat wejangan dari guru-guru yang menyampaikan tausiahnya yang bermanfaat bagi kehidupan.

Inilah sedikit potret dari haul akbar Haul Akbar teruntuk Maha Guru Al-Ustadzul Imam Al-Habr Al-Qutb Al-Habib Abdul Qodir bin Ahmad Bilfaqih Al-Alawy yang ke-59 dan Maha Guru Al-Ustadzul Imam Al-Hafidz Al-Musnid Al-Qutb Prof Dr Al-Habib Abdullah bin Abdul Qodir Bilfaqih Al-Alawy yang ke-29. 

Semoga tahun depan bisa berkumpul kembali di sini.







You Might Also Read

0 comment

Like us

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Top Categories Dhinisa Journey